Tugas Softskill 8 Tentang Curicullum Vitae (CV)
Tugas
Softskill 8
Nama :
Happy Octa Famelia
NPM :
13211211
Kelas :
3EA22
Ø Curicullum Vitae (CV)
Pengertian Curicullum Vitae adalah deskripsi
tertulis tentang pengalaman kerja anda, latar belakang pendidikan, dan
keterampilan. Juga disebut CV, atau hanya vitae, itu lebih rinci dari resume
dan umumnya digunakan oleh mereka yang mencari pekerjaan di luar AS dan Australia.
Sebuah curriculum vitae juga digunakan oleh seseorang mencari pekerjaan
akademis, yaitu di college atau universitas.
Ada beberapa
perbedaan antara curriculum vitae dan resume. Sebuah curriculum vitae adalah
lebih lama ( hingga dua atau lebih halaman ), lebih sinopsis rinci latar
belakang dan keterampilan. Sebuah CV berisi pengungkapan latar belakang
pendidikan anda dan akademis serta pengalaman pengajaran dan penelitian,
publikasi, presentasi, penghargaan, kehormatan, afiliasi dan rincian lainnya.
Sebagai dengan resume, anda mungkin perlu berbagai versi CV untuk berbagai
jenis posisi.
Seperti resume,
daftar riwayat hidup harus menyertakan nama anda, informasi kontak, pendidikan
keterampilan dan pengalaman. Selain dasar - dasar, CV termasuk penelitian dan
pengalaman mengajar, publikasi, hibah dan beasiswa, asosiasi profesi dan
lisensi, penghargaan dan informasi lainnya yang relevan dengan posisi yang anda
lamar. Mulailah dengan membuat daftar semua informasi latar belakang anda,
kemudian mengaturnya ke dalam kategori. Pastikan anda menyertakan tanggal pada
semua publikasi yang anda masukkan.
Ø
Hal-hal Yang
Berhubungan Dengan Curicullum Vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri,
data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV
seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri
yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui
kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan
berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam
bentuk teks.
Susunan Curiculum Vitae
1. Data Pribadi
Bagian ini berisi nama, alamat, agama, email, nomor
telepon dan identitas pribadi lainnya.
2. Pendidikan
Bagian ini
menjelaskan latar belakang pendidikan dan berhubungan dengan pekerjaan yang
dituju. Pada umumnya, banyak yang membuat CV menjelaskan dari TK
(Pendidikan paling dasar), SD, SMP sampai perguruan tinggi (Pendidikan
terakhir).
3. Pengalaman Kerja
Bagian ini adalah
bagian yang paling dilihat oleh perekrut kerja. Pengalaman kerja memberikan
gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau
masih terbatas. Rekruter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera
menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian
yang panjang.
4. Skill Yang
Dimiliki
Seharusnya pada
bagian ini perlu dijelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai
proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Dan dibuat dalam
bentuk yang meyakinkan dan informatif.
5. Training Yang
Pernah Diikuti
Untuk lebih
meyakinkan lagi, perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti
sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh mana pemilik CV telah berkembang dan
wawasan apa saja yang sudah dimiliki.
6. Prestasi
Ini adalah bagian
yang penting disamping pengalaman kerja yang menjelaskan keunikan,
kelebihan dan
presetasi sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.
7. Kegiatan
Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Selain hal-hal yang
berhubungan langsung dengan pekerjaan. Pada CV juga perlu memberikan sedikit
gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa
pemilik CV bisa membagi waktu dan memiliki hubungan sosial yang
lebih luas, tidak hanya sebatas di lingkungan pekerjaan
Ø Contoh Curicullum Vitae Contoh CV - CV
(Curriculum Vitae) atau yang biasa dikenal dengan Daftar Riwayat Hidup
merupakan sesuatu yang tak bisa ditinggalkan saat melamar pekerjaan. Pembuatan
CV tentu saja harus dibuat sebaik mungkin dengan benar serta tidak asal-asalan.
Sehingga apabila anda menggunakanya untuk melamar pekerjaan akan mampu
meyakinkan bahwa yang ada di pada daftar riwayat hidup anda
memang benar adanya Perlu diketahui
daftar riwayat hidup yang anda buat akan bermanfaat sampai nanti. Jika ada
perubahan anda tinggal menambahkan saja. Bagi yang sudah pernah membuat
tentunya akan semakin mudah, namun bagi yang belum pernah tentunya membutuhkan contoh CV sebagai rujukan untuk membuat dalam format yang sesuai.
CV
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
DATA PRIBADI
1. Nama Lengkap :
Happy Octa Famelia
2. Tempat tgl lahir : Jakarta, 20 Oktober 1993
3. Domisili :
Indonesia
4. Jenis kelamin :
Perempuan
5. Agama :
Islam
6. Status :
Belum Menikah
7. Tinggi/berat bdn : 167 / 48 KG
8. Telepon :
02182612428
9.
E-mail : happyoctafamelia@ymail.com
RIWAYAT PENDIDIKAN
A. FORMAL
1.
(2005) Lulus SDN
Padurenan 01 – Bekasi
2.
(2008) Lulus SMPN
10 – Bekasi
3.
(2011) Lulus SMKN
3 – Bekasi
B. NON FORMAL
1. (2012) Lulus Kursus Bahasa Inggris
(Primagama)
Ø SURAT-MENYURAT
·
Pengertian Surat adalah Surat
adalah suatu sarana untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan atau informasi
secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak yang lain, baik atas nama
sendiri, maupun atas nama jabatannya dalam sebuah organisasi, instansi ataupun
perusahaan. Informasi-informasi ini dapat beberapa permintaan, laporan,
pemikiran, saran-saran dan sebagainya.
·
Surat-Menyurat adalah suatu kegiatan
untuk mengadakan hubungan secara terus menerus antara pihak yang satu kepada
pihak yang lainnya. Dan dilaksanakan dengan saling berkiriman surat. Kegiatan
surat menyurat ini disebut juga dengan istilah lainnya yaitu korespondensi.
Jika hanya sepihak saja yang mengirimkan surat secara terus menerus tanpa ada balasan
atau tanggapan dari pihak lainnya.
Ø Jenis-jenis Surat :
1. Berdasarkan Sifat Surat
Berdasarkan sifatnya surat dapat digolongkan menjadi
lima jenis yaitu :
a. Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat-surat yang bersifat
kekeluargaan, surat-surat yang berisi masalah keluarga, baik tentang kesehatan,
keuangan keluarga dan sebagainya.
b. Surat Dinas Pribadi
Surat dinas pribadi disebut juga surat setengah resmi
adalah surat-surat yang dikirimkan dari seseorang atau pribadi kepada
instansi-instansi, perusahaan-perusahaan, ataupun jawatan-jawatan.
c. Surat Dinas Swasta
Surat dinas swasta disebut juga surat resmi adalah
surat-surat yang dibuat oleh instansi-instansi swasta, yang dikirimkan untuk
para karyawannya ataupun untuk para relasinya atau langganannya atau instansi
–instansi lain yang terkait.
d. Surat Niaga
Surat niaga adalah surat yang berisi, soal-soal
perdagangan yang dibuat oleh perusahaan yang dikirimkan kepada para
langganannya.
e. Surat Dinas Pemerintah
Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan
formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam
pengelolaan administrasi dalam suatu instansi Fungsi dari surat dinas
yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan
arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk
surat keputusan dan surat instruksi Ciri-ciri surat dinas:
Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang
bersangkutan
Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal
Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku
Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi
Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor
pembuat surat
Format surat tertentu
2. Berdasarkan
Wujud Surat
Penggolongan surat berdasarkan wujudnya dapat dibagi
kedalam tujuh jenis, yaitu :
a. Surat Yang
menggunakan Kartu Pos
Kartu pos adalah blanko yang dikeluarkan oleh Perum
Postel atau instansi lain yang telah diberi izin Perum Postel untuk mencetaknya
asal sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan Perum Postel.
b. Warkat Pos
Warkat pos adalah sehelai kertas yang telah dicetak
dengan memakai lambaga dan petunjuk penulisan berita, yang dikeluarkan oleh
perum postel atau instansi lain yang telah diberi izin.
c. Surat Bersampul
Surat bersampul adalah surat-surat yang isinya atau
beritanya ditulis pada kertas lain, kemudian kertas surat tersebut dimasukkan
kedalam sampul atau amplop.
d. Surat Terbuka dan Surat Tertutup
Surat terbuka adalah surat-surat yang isinya dapat
dibaca oleh umum misalnya, surat dari pembaca kepada pembaca atau surat yang
dikirimkan oleh pembaca untuk pemerintah, instansi lain, melalui redaksi surat
kabar, majalah, tabloid, dan sebagainya.
e. Memorandum dan Nota
Memorandum adalah salah satu alat komunikasi berupa
surat-surat dilingkungan dinas yang penyampaiannya tidak resmi dan digunakan
secara intern (didalam lingkungan sendiri baik perusahaan ,instansi lainnya).
Nota adalah merupakan alat komunikasi kedinasan antara pejabat dari suatu unit
organisasi yang digunakan secara intern dalam lingkungan sendiri, tetapi
bersifat resmi.
f. Telegram
Telegram adalah suatu alat komunikasi dengan cara
menyampaikan berita-berita melalui radio atau pesawat telegram mengenai sesuatu
hal yang perlu segera mendapat penyelesaian dengan cepat. Isi telegram berupa
tulisan-tulisan singkat yang dikirimkan dari jarak jauh.
g. Surat Biasa
Surat biasa adalah surat-surat yang isinya tidak
mengandung rahasia walaupun terbaca oleh orang lain, seperti surat undangan
pernikahan atau khitanan, surat pertemuan para siswa untuk rekreasi dan
sebagainya.
3. Berdasarkan Keamanan Isinya.
Berdasarkan keamanan isinya, surat dapat digolongkan menjadi tiga jenis yaitu :
a. Surat Sangat Rahasia
Surat-surat yang digunakan untuk surat-surat yang
berhubungan dengan keamanan Negara atau surat-surat yang berupa Dokumen Negara,
sehingga bila surat ini jatuh ketangan yang tidak berhak maka akan membahayakan
masyarakat atau Bangsa dan Negara.
b. Surat Rahasia
Surat-surat yang isinya harus dirahasiakan, tidak boleh dibaca oleh orang lain, karena bila jatuh ketangan orang yang tidak berhak, akan merugikan perusahaan atau instansi tersebut.
c. Surat konfidensial
Surat-surat yang termasuk surat rahasia juga, karena isinya tidak boleh diketahui orang lain cukup hanya diketahui oleh pejabat yang bersangkutan, karena kalau jatuh kepada orang yang tidak berhak akan mencemarkan nama baik orang tersebut. Contohnya surat laporan tentang karyawan yang korupsi.
4. Berdasarkan Proses Penyelesaiannya
Surat berdasarkan proses penyelesaiannya dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu:
a. Surat
Sangat Segera atau Surat Kilat.
Surat yang harus dikirimkan dengan sangat segera atau kilat adalah surat yang harus ditangani secepat mungkin pada kesempatan yang pertama karena surat ini harus segera dikirimkan secepatnya karena penerima harus cepat menanggapi dan menyelesaikannya.
b. Surat Segera
Surat yang secepatnya diselesaikan tetapi tidak perlu pada kesempatan yang pertama dan segera dikirimkan supaya mendapat tanggapan dan penyelesainya dari pihak penerima.
c. Surat Biasa
Surat-surat yang tidak perlu tergesa-gesa untuk penyelesaian karena tidak perlu mendapat tanggapan yang secepatnya dari penerima.
5. Berdasarkan Dinas Pos
Surat berdasarkan pos dapat digolongkan menjadi :
a.
Surat Biasa
Surat yang menurut penggolongan dinas pos, surat
yang dibuat oleh seseorang yang isinya atau sifatnya biasa atau tidak begitu
penting, karena pada umumnya surat ini tidak perlu mendapat tanggapan yang
secepatnya dari penerima, dengan demikian surat-surat ini penyampaiannya kepada
tujuan atau penerima waktunya tidak dipastikan, tetapi biaya yang dikenakan
dinas pos, prangkonya cukup murah.
b. Surat Kilat
Surat-surat yang secepatnya ditangani supaya mendapat
tanggapan dan penyelesaian yang secepatnya pula dari penerima. Oleh karena itu
surat kilat cara penyampaiannya, ongkos pengirimannya atau prangkonya lebih
mahal dari surat biasa.
c. Surat Kilat
Khusus
Surat-surat
yang dibuat seseorang yang isinya sangat penting dan harus segera ditangani
supaya mendapat tanggapan dan penyelesaian yang secepatnya dari penerima .
d. Surat tercatat
Adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya
sangat penting, sehingga harus segera ditangani dan diselesaikan secepatnya
supaya surat tersebut mendapat tanggapan dan penyelesaian secepatnya pula dari
pihak penerima, surat inipun hampir sama dengan kilat khusus, cara
penyampaiannya oleh dinas pos sangat diutamakan ongkosnya atau prangkonya
mahal.
Ø
Cara Membuat Surat: Yang Baik Dan Benar - Beberapa
orang masih banyak yang kebingungan dan tidak tahu sama sekali cara menulis
surat lamaran kerja yang baik itu bagaimana, terutama bagi yang baru lulus SMA
maaupun SMK ajaran tahun ini, jika anda termasuk salah satunya anda tidak usah
gelisah karena kali ini saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang
baik dan benar.
Sebelum melihat contohnya alangkah baiknya anda perhatikan terlebih dahulu cara penulisan surat lamaran kerja yang benar, berikut ini adalah beberapa susunan penulisan surat lamaran kerja yang benar.
Sebelum melihat contohnya alangkah baiknya anda perhatikan terlebih dahulu cara penulisan surat lamaran kerja yang benar, berikut ini adalah beberapa susunan penulisan surat lamaran kerja yang benar.
- Menggunakan
Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
- Struktur Surat Lamaran Kerja
- Singkat,
Padat, Informatif dan Tepat Sasaran
- Beri
Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda
- Surat
Lamaran Kerja Harus Bersih dan rapih
Diatas adalah beberapa point penting untuk menulis surat lamaran kerja dan di bawah ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat anda jadikan referensi.
Ø ContohDariJenis-jenisSurat:
Jenis-jenis surat - Jenis surat dibedakan berdasarkan tujuan penggunaannya. Tentunya penggunaan jenis surat tersebut juga akan berpengaruh terhadap format surat yang akan digunakan. Pembeda jenis-jenis surat tersebut bisa dilihat dari bahasa yang digunakan, bentuk surat tersebut dan juga isi surat yang ada didalamnya. Jadi sebelmu anda membuat surat, sebaiknya dipahami terlebih dahulu jenis surat yang hendak dibuat, supaya surat yang dibuat nantinya sesuai dengan kaidah membuatan surat yang baku dan sesuai dengan EYD dalam bahasa Indonesia.
Jenis-jenis surat - Jenis surat dibedakan berdasarkan tujuan penggunaannya. Tentunya penggunaan jenis surat tersebut juga akan berpengaruh terhadap format surat yang akan digunakan. Pembeda jenis-jenis surat tersebut bisa dilihat dari bahasa yang digunakan, bentuk surat tersebut dan juga isi surat yang ada didalamnya. Jadi sebelmu anda membuat surat, sebaiknya dipahami terlebih dahulu jenis surat yang hendak dibuat, supaya surat yang dibuat nantinya sesuai dengan kaidah membuatan surat yang baku dan sesuai dengan EYD dalam bahasa Indonesia.
Dilihat dari penggunaanya, jenis
surat dibagi menjadi 5 bagian, yaitu :
Surat Pribadi
Surat pribadi merupakan surat yang biasa
dibuat dan digunakan untuk kepentingan pribadi/personal. Biasanya penggunaan
dari surat pribadi ini hanya sebatas teman dan keluarga saja. Surat pribadi
yang banyak digunakan di masyarakat biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut
:
- Dihilangkannya penggunaan kop surat,
yang biasanya berisi nama dan identitas kantor,
- Nomor surat juga dihilangkan, karena
memang tidak ada system arsip pada jenis surat pribadi ini,
- Penggunaan salam pembuka dan penutup
yang bervariasi, bisa menggunakan salam keagamaan, bisa juga menggunakan
salam berupa selamat pagi, siang atau jenis salam-salam yang lain,
- Bahasa yang digunakan juga bebas,
terserah dari yang membuat surat pribadi tersebut, biasanya kaidah tata
penulisan bahasa baku agak di kesampingkan,
- Tidak ada format surat yang bisa
mengikat jenis surat pribadi ini. Intinya, dengan menggunakan format
apapun boleh.
http://tipsdantrikampuh.blogspot.com/2013/10/cara-membuat-surat-lamaran-kerja-yang.html
http://ghozianrahmanaputra.blogspot.com/2013/07/tugas-softskill-curriculum-vitae.html
http://ghozianrahmanaputra.blogspot.com/2013/07/tugas-softskill-curriculum-vitae.html
Komentar
Posting Komentar